Majalah Krida

Kapuskes TNI : Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih Serta Miliki Zona Integritas

KridaRadio, Jakarta – Untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dibutuhkan peningkatan kinerja dan pengelolaan yang memiliki Zona Integritas (ZI) pada Satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hal tersebut disampaikan Kapuskes TNI Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., MARS., M.H. pada acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Puskes TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (14/4/2021).

Menurut Kapuskes TNI, salah satu upaya untuk melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan TNI adalah dengan terlaksananya pembangunan yang memiliki Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani secara proporsional, akuntabel dan transparan.

“Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi atau wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono menyampaikan bahwa proses pembangunan ZI sebagai tindak lanjut pencanangan difokuskan pada penerapan program yang bersifat konkret meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, penguatan, akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Untuk melaksanakan program tersebut, kita membentuk tim pembangunan ZI, dan tim telah menerima bimbingan teknis, saya harapkan seluruh personel berperan aktif, untuk melaksanakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dengan memperhatikan hal sebagai panutan atau teladan dalam pelaksanaan pembangunan ZI menuju predikat WBK dan WBBM,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapuskes TNI menjelaskan bahwa pencanangan pembangunan ZI dilakukan oleh Kotama/Satker TNI yang pimpinan dan seluruh anggotanya menandatangani dokumen Pakta Integritas. “Penandatanganan dokumen Pakta Integritas sebagaimana dimaksud dapat dilakukan secara massal/serentak pada saat pelantikan, serah terima jabatan, atau dapat dilengkapi setelah pencanangan pembangunan ZI,” harapnya.

Kapuskes TNI juga mengatakan bahwa pencanangan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Puskes TNI ini sebagai langkah awal dan komitmen bersama untuk menyiapkan kapasitas sumber daya manusia kesehatan TNI dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas. “Semoga Puskes TNI berhasil memperoleh predikat sebagai wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani secara optimal,” pungkasnya. (Red.)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search